5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Merawatnya

Mencari kosmetik dan pembersih untuk wajah memang susah-susah gampang, apalagi anda sendiri bingung masuk ke dalam kategori yang mana kulit wajah anda. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui termasuk jenis manakah kulit anda agar dapat menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sehingga tidak merusak kulit wajah. Bagaimana cara membedakan nya ? Simak terus yuk obat kulit wajah akan memberikan tips mengenai jenis kulit wajah yang perlu ledis ketahui.

5 Kategori Jenis Kulit pada Wajah yang Perlu Diketahui

Berikut ini 5 jenis kulit wajah dan cara merawatnya yang baik dan benar :

  • Kulit normal

kulit normalKulit normal / kulit biasa, yaitu jenis kulit yang licin, halus dan lembap apabila disentuh, pori-pori nya juga halus dan rata. Kulit ini termasuk ke dalam kategori kulit yang bagus karena terlihat segar dan sehat. Namun bukan berarti kulit normal tidak butuh perawatan, tetap saja kulit wajah normal harus dirawat dan dijaga sebaik mungkin salah satunya dengan cara memakai bedak sesuai jenisnya. Masalah yang sering dialami pemiliki kulit normal yakni wajah kering, muncul bintik-bintik hitam, pigmentasi dan bintik-bintik putih. Cara Mengetahui kulit kita masuk ke dalam kategori normal yakni dengan cara mengusap wajah dengan tisu pada pagi hari, jika tidak ada minyak yang menempel bahkan tisu terlihat kering berarti kulit anda termasuk kategori normal.

  • Kulit Berminyak

kulit berminyakKulit berminyak merupakan kondisi dimana pori-pori terbuka, kulit terlihat tebal dan mudah berjerawat. Penyebabnya yakni dikarenakan kelenjar minyak yang terlalu aktif dan mengakibatkan penghasilan minyak yang berlebihan pada permukaan kulit. Pemiliki kulit berminyak harus melakukan perawatan dan perhatian yang khusus karena jumlah minyak yang dikeluarkan oleh jenis kulit ini dapat berubah menjadi jerawat dan noda. Penyebabnya yakni karena perubahan hormon, cuaca yang panas dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Cara mengetahui kulit anda termasuk ke dalam kategori ini yakni dengan cara usap wajah menggunakan tisu, jika ada noda minyak pada tisu maka kulit anda termasuk ke dalam kulit berminyak.

  • Kulit Kering

kulit keringKebalikan dari kulit minyak, kulit wajah kering disebabkan karena kurangnya minyak yang dihasilkan kelenjar minyak pada wajah dan menyebabkan kulit menjadi kering. Sangat disarankan bagi anda yang mempunya kulit kering untuk menggunakan pelembab dan sering mengkonsumsi banyak air. Pemilik wajah kering jarang disinggahi dengan jerawat, namun kulit wajah kering membuat wajah mudah kelihatan keriput, muncul bintik-bintik hitam, dan muka terlihat seperti pucat.

Baca Juga : Permasalahan Kulit Wajah pada Remaja

  • Kulit Sensitif

kulit sensitifKulit dapat menjadi lebih sensitif karena faktor lingkungan seperti debu, kotoran, matahari, penggunaan kosmetik,dll. Kulit sensitif terlihat sangat kering dan mudah mengalami iritasi sehingga menyebabkan kulit memerah, terasa tipis dan gatal. Pemilik wajah kulit sensitif harus melakukan perawatan ekstra disarankan memakai produk perawatan kulit yang ringan saja.

  • Kulit Kombinasi

kulit kombinasiJenis kulit ini sering dialami banyak orang. Jenis kulit ini merupakan jenis kulit gabungan antara kulit kering dan berminyak. Misalnya kulit kering di pipi sedangkan dahi dan hidung berminyak. Perawatan nya pun berbeda-beda setiap bagian nya. Bagian kulit yang kering harus dirawat dengan produk yang kaya cream dan mouturizer sedangkan bagian yang berminyak dapat dirawat dengan sering membersihkan nya dengan air bersih.

Nah, itulah 5 Jenis Kulit Wajah yang Perlu diketahui. Jadi jenis kulit manakah yang anda miliki ? Semoga dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

| 5 Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *