Faktor Penyebab Kulit Cepat Keriput

Keriput adalah suatu kondisi dimana kulit kehilangan elastisitasnya, keriput ini memang sering dialami oleh lansia. Namun sekarang banyak sekali baru menginjak umur 20-30 tahun sudah muncul tanda-tanda keriput pada wajah. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh siapapun karena keriput akan menyebabkan anda terlihat seperti sudah tua.

Baca juga : Cara Mudah Merawat Kulit Sensitif

Seiring bertambahnya usia, biasanya seseorang yang telah melewati usia 20 tahun, akan banyak perubahan kelembaban pada kulit dan berkurang nya sistem jaringan kulit. Sehingga kulit paling luar akan mengering dan menipis dan kehilangan kelembabnya. Bila tidak melakukan perawatan dan dibiarkan begitu saja kulit yang awalnya halus dan mulus akan berubah kusam, kering dan keriput.

Penyebab Kulit Keriput Di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

keriput di usia mudaSelain karena faktor bertambahnya usia, ada beberapa faktor lain yang dapat mempercepat kulit anda mengalami keriput yakni sebagai berikut :

  • Terlalu banyak terkena sinar matahari

Sinar matahari memang bagus untuk pertumbuhan tulang kita bila dinikmati pada waktu yang tepat. Namun sering terkena paparan sinar UV dari mahari akan membuat wajah anda kering sehingga mempercepat munculnya kerutan pada wajah. Cara mengatasinya anda bisa gunakan tabir surya agar kulit tetap terlindungi dari sinar UV.

  • Penggunaan produk kosmetik yang kurang tepat

Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah anda akan menjadi masalah besar. Biasanya kosmetik mengandung bahan kimia jika tidak tepat dapat menyebabkan kulit menjadi rusak sehingga menimbulkan kerutan pada wajah. Gunakan produk kosmetik terpercaya dan aman untuk wajah.

Baca juga : Tips Mengatasi Iritasi Wajah Akibat Kosmetik

  • Dehidrasi

Kulit kita memerlukan cairan yang cukup, sebab bila kulit mengalami dehidrasi kulit akan terlihat kering dan tidak dapat menghasilkan sel-sel baru sehingga membentuk garis-garis pada wajah. Untuk itu disarankan bagi anda yang tidak ingin kulit cepat keriput perbanyak minum air putih yang cukup.

  • Merokok

Merokok memang tidak ada manfaatnya sama sekali, selain berbahaya bagi kesehatan paru-paru merokok juga dapat menyebabkan pasokan darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Sehingga berpengaruh pada kesehatan kulit. Biasanya merokok dapat menyebabkan kulit menjadi keriput lebih cepat terutama pada daerah bibir dan mata.

  • Sering bergadang dan kurang istirahat

Tidur ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit terutama pada malam hari. Sebab pada malam hari merupakan waktu yang tepat untuk membentuk sel-sel baru kolagen yang rusak.

  • Diet yang berlebihan

Banyak sekali orang yang salah mengartikan diet dengan cara tidak makan sama sekali, padahal diet sebenarnya yakni mengatur pola makan yang sesuai. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin dan mineral maka akan berpengaruh pada kesehatan kulit sehingga kulit akan menjadi cepat keriput.

Sebaiknya hindari beberapa faktor diatas untuk mendapatkan kelembaban kulit, sehingga kulit dapat menjadi halus, cantik dan sehat kembali. Perbanyak senyum dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Demikian lah faktor penyebab kulit cepat keriput, semoga dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

| Faktor Penyebab Kulit Keriput

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *